Milling??

Wah, lama banget saya ndak posting. Lha piye meneh, saya ini lagi sibuk ujian teori je. Ini aja masih dikejar-kejar waktu. Ujian segunung materinya, cuman keluar 4 soal. Masa ya harus dipelajarin semuanya? Bisa-bisa saya masuk Kenthingan (RSJ di Solo).

Anyway, saya pengen berbagi sedikit pengetahuan yang saya dapet di kuliah saya. Kuliah saya benyakan praktek sih, jadi saya critain yang saya alamin aja ya.

Hari ini saya pengen berbagi tentang "All About Milling". Mungkin bisa bantu sampeyan yang lagi nyari bahan buat tugas, skripsi, dll.

Saya pake bahasa resmi ya.. Sekali lagi, saya ndak begitu pinter teorinya. Ini saya buat dari pengalaman dengan bahasa saya sendiri.

Apa itu milling? Milling adalah suatu proses permesinan di mana cutter berputar menyayat benda kerja dan menghasilkan tatal/chip. Dalam proses milling biasanya dihasilkan benda yang berpenampang datar/ rata (persegi panjang, persegi, chamfer, sisi miring). Namun tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan profil-profil lainnya dengan menggunakan asesoris tambahan seperti rotariy table, compound vice, dividing head, dll. Sejauh ini saya hanya pernah menggunakan rotary table dan compound vice. Dividing head hanya dijelaskan dalam teori saja.

Untuk proses milling yang saya alami, pertama-tama kita menyiapkan sebuah benda kerja yang akan di milling. Kita melakukan pengecekan pada dimensi benda kerja. Setelah itu benda kerja dicekam di tanggem/vice yang tersedia.

Untuk pencekaman, kita memasang sepasang paralel block di bawah benda kerja. Hal ini dilakukan untuk menjaga benda kerja paralel dengan sumbu X dan Y mesin milling, sehingga hasilnya tidak miring. Cara memasangnya adalah dengan menyelipkan sepasang paralel block di bawah benda kerja, di antara alas vice dan benda kerja. Setelah itu kita menggunakan hammer nilon untuk meratakan agar seluruh permukaan benda bagian bawah menempel pada paralel block.

Setelah pencekaman, lalu mesin disetting nol dengan menggeser sumbu Z ke atas hingga cutter menyentuh benda kerja. Setelah itu kita melakukan proses penyayatan. Bisa dengan menggerakkan manual maupun dengan feeding.

Pengerjaan benda kerja dilakukan memutar secara face cutting dulu, baru kemudian side cutting.

Huff.. Sekian dulu penjelasan secara umum dari saya. Kalo sampeyan bingung, sampeyan ninggal komentar aja. Emang kalo ndak nglakuin sendiri bingung.

Hha..

No response to “Milling??”

Posting Komentar