Gagal?? No Problem!


Hosh2.. Lama tak bersua.. Saya baru aja balik dari "3 holy days" di Bogor bareng 2 temen saya. Seru.. Banyak banget pengalaman baru yang saya dapetin di sana. Mulai dari mengunjungi Kebun Raya, nginep di panti asuhan, dufan, sampai tragedi-sandal-disulap. Next time saya bagi deh ceritanya di sini..

Hm.. Kali ini saya pengen berbagi sesuatu yang saya dapetin pas iseng mikirin hal2 yang nggak penting. hal tentang kegagalan.. Apa aja yang bakal saya bagi??

Banyak orang (hampir semua malahan) yang menyerah begitu mengalami kegagalan. Padahal baru sekali gagal.

Dulu, waktu saya masih seneng maen2 pesawat di aeromodelling, saya sering banget ikutan lomba ke luar kota, luar pulau malah. Nah simbok saya tu selalu bilang gini.

"Alahlah le.. le... Lomba adoh-adoh ra menang kok yo jek mboklakoni to??"
("Ya ampun nak.. Lomba jauh-jauh, nggak menang, kok ya masih saja kamu ikuti to?")

Dan perang bintang hampir meletus di rumah saya waktu itu.

Di satu sisi saya menikmati proses saya dalam berlomba. Di sisi lain, orang tua menuntut hasil yang nyata dalam usaha saya.

Hey mom.. Semua butuh waktu.

Bahkan para ilmuwan sekelas Thomas Alva Edison, Henry Ford, ataupun Soichiro Honda pun berulang kali gagal sebelum akhirnya berhasil.

Seperti kisah ini yang dituturkan oleh salah satu teman saya.

Semakin banyak gagal, maka kemungkinan untuk berhasil akan semakin besar. Nalarnya mudah saja. Semakin banyak sampeyan gagal, maka sampeyan bakalan tahu hal apa saja yang bisa menyebabkan kegagalan. Dan dengan menghindari hal-hal tersebut, maka kemungkinan berhasil akan semakin besar.

Namun dibutuhkan mental baja, kepercayaan, dan kerja keras yang luar biasa untuk dapat melihat kegagalan sebagai sebuah awal dari keberhasilan.

Mari belajar bersama untuk dapat memahami hal itu.

Let's Go!!!!!

2 Responses to “Gagal?? No Problem!”

27duatujuh mengatakan...

setuju banget ! gagal adalah peluang emas untuk memperbaiki diri !

tapi tetap dibutuhkan kesungguhan yang besar untuk berubah ...

semangat !

Anonim mengatakan...

Dibutuhkan kepercayaan. Artinya apa yah ?

Posting Komentar