RIOT (Radical Image Optimization Tool)


Sejak adik saya punya kamera digital, saya jadi sering poto-poto. Iseng aja sih. Dan sebagian potonya saya upload ke facebook. Nampang dong.. Hari gini gitu loh..

Nah, poto digital yang saya jepret tu biasanya keterlaluan gedenya. 1 file bisa 2MB!! Wow.. Kalo mau upload 100 foto bisa berapa abad tu baru selesai. Nah, dari blogwalking dan googling sana-sini, saya akhirnya nemu software menarik di sini. Ya, RIOT namanya. RIOT merupakan singkatan dari Radical image Optimization Tool. Yang nggak tau artinya buka kamus sana gih.

So, di sini saya ingin me-review software satu ini.

Di websitenya, dituliskan beberapa features dari RIOT ini. Antara lain :

  1. open multiple graphic file formats by looking first at the magic number (it does not need file extension to recognize format)including support for uncommon images types (up to 128 BPP, integer and floating point. EX: hdr images, 16 bit grayscale, etc). Adaptive logarithmic tone mapping algorithm (Drago) used for HDR images

  2. save and optimize JPEG, GIF and PNG with a simple, clean user interface

  3. works in dual view: (original - optimized image) or single view (optimized image). Automatic preview of resulting image

  4. in-place compare function (alternativelly display the original image over the optimized image to notice small pixel changes)

  5. compress files to desired filesize threshold

  6. fast processing (all is done in memory); see instant results including resulting filesize

  7. decide if you want to keep metadata (comments, IPTC, Adobe XMP, EXIF profiles, ICC profiles). Unsupported metadata is removed

  8. transfer metadata between image formats (destination format must support them)

  9. common tools: pan and zoom, rotate, flip

  10. resize image by using well known resample filters (ex: Lanczos3, Catmull Rom, Bicubic, and others)

  11. the compression and the results are comparable to those of commercial products.


Skali lagi, buat yang kagak ngarti bukak kamus sana..

Software ini cukup powerful dalam menangani ukuran file gambar yang keterlaluan. Tingkat optimalisasi file nya bisa mencapai 80%. Tingkat kompresi juga bisa disesuaikan dengan selera kita.

Dari pengalaman saya, sebuah file JPEG berukuran 640x480 dengan filesize 900-an KB bisa dikompres menjadi 55KB dengan settingan default. Dan menurut saya, file itu masih nyaman dipandang untuk ditampilkan di Facebook saya.

Dan yang lebih menyenangkan, software ini gratis dan legal untuk digunakan, Jadi buat para penjunjung tinggi HAKI, software ini bisa sampeyan pakai buat nampilin gambar di web.

Wanna try?? Silahkan pergi ke websitenya

No response to “RIOT (Radical Image Optimization Tool)”

Posting Komentar